Welcome to my Blog. All you can read here. Have fun, enjoy, and thanks!

Tuesday, October 15, 2013

Sejarah HTML5

HTML5 yang merupakan standar baru dari HTML pasti mempunyai sejarah sebelum terbentuknya HTML5 tersebut. Dimulai dari The Web Hypertext Application Technology Working Group (WHATWG), mulai bekerja pada standar baru pada tahun 2004. Pada saat itu, HTML 4.01 belum diperbarui sejak tahun 2000, dan World Wide Web Consortium (W3C) telah memfokuskan pada perkembangan masa depan XHTML 2.0. Pada tahun 2009, W3C memperbolehkan XHTML 2.0 dengan hak istimewa Working Group untuk berakhir dan memutuskan untuk tidak memperbaharui itu. W3C dan WHATWG saat ini bekerja sama pada pengembangan HTML5.

Sementara HTML5 sering dibandingkan dengan Flash, tetapi kedua teknologi tersebut sangat berbeda. Keduanya termasuk fitur untuk memutar audio dan video dalam halaman web, dan untuk menggunakan Scalable Vector Graphics. HTML5 sendiri tidak dapat digunakan untuk animasi dan interaktivitas, tapi itu harus dilengkapi dengan CSS3 atau JavaScript. Ada kemampuan Flash banyak yang tidak memiliki mitra langsung dalam HTML5.

Meskipun HTML5 telah terkenal di kalangan pengembang web selama bertahun-tahun, itu menjadi topik media yang mainstream sekitar April 2010 setelah Apple Inc kemudian CEO Steve Jobs mengeluarkan surat terbuka berjudul "Pemikiran tentang flash" di mana ia menyimpulkan bahwa "Adobe Flash tidak lagi diperlukan untuk menonton video atau mengkonsumsi segala jenis konten web" dan bahwa "standar terbuka baru yang diciptakan di era mobile seperti HTML5, akan menang". Ini memicu perdebatan di kalangan pengembangan web dimana beberapa menyarankan bahwa sementara HTML5 menyediakan fungsi yang disempurnakan, pengembang harus mempertimbangkan mendukung browser berbagai bagian yang berbeda dari standar serta perbedaan fungsi lainnya antara HTML5 dan Flash. Pada awal November 2011, Adobe mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan pengembangan flash untuk perangkat mobile dan reorientasi upaya dalam mengembangkan alat memanfaatkan HTML5.

Proses Standarisasi
Mozilla Foundation dan Opera Software mempresentasikan posisi pada World Wide Web Consortium (W3C) workshop pada bulan Juni 2004, fokus pada pengembangan teknologi yang kompatibel dengan browser yang ada, termasuk spesifikasi rancangan awal Web Forms 2.0.
Workshop ini diakhiri dengan voting, 8 lawan 14, untuk melanjutkan pekerjaan pada HTML. Setelah bulan itu, bekerja berdasarkan kertas posisi pindah ke Web Hypertext Application Technology Working Group (WHATWG) yang baru terbentuk, dan yang kedua rancangan, Aplikasi Web 1.0, juga diumumkan. Kedua spesifikasi tersebut kemudian bergabung untuk membentuk HTML5, spesifikasi HTML5 diadopsi sebagai titik awal dari pekerjaan kelompok kerja HTML baru dari W3C pada tahun 2007.

2008 - First Public Working Draft
WHATWG menerbitkan Pertama Kerja Draft Publik spesifikasi pada 22 Januari 2008. Bagian dari HTML5 telah dilaksanakan di browser meskipun seluruh spesifikasi belum telah mencapai status Rekomendasi akhir.

2011 - Last Call
Pada tanggal 14 Februari 2011, W3C. Pada Mei 2011 , kelompok kerja canggih HTML5 untuk "Last Call", undangan kepada masyarakat dalam dan di luar W3C untuk mengkonfirmasi kesehatan teknis dari spesifikasi. W3C sedang mengembangkan tes lengkap, untuk mencapai interoperabilitas luas untuk spesifikasi lengkap pada tahun 2014, yang sekarang tanggal target Rekomendasi. Pada bulan Januari 2011, WHATWG berganti nama nya "HTML5" standar hidup untuk "HTML". W3C tetap melanjutkan proyek untuk melepaskan HTML5.

2012 - Calon Rekomendasi
Pada bulan Juli 2012, WHATWG dan W3C memutuskan pada tingkat pemisahan. W3C akan melanjutkan HTML5 spesifikasi pekerjaan, berfokus pada standar definitif tunggal, yang dianggap sebagai "snapshot" oleh WHATWG. Organisasi WHATWG akan melanjutkan pekerjaannya dengan HTML5 sebagai "Standar Hidup". Konsep standar hidup adalah bahwa hal itu tidak pernah lengkap dan selalu diperbarui dan ditingkatkan. Fitur baru dapat ditambahkan tapi fungsi tidak akan dihapus.
Pada bulan Desember 2012, W3C HTML5 ditunjuk sebagai Calon Rekomendasi. Kriteria untuk kemajuan ke Rekomendasi W3C "100 % selesai dan sepenuhnya interoperable implementasi"

Link:


2 comments:

  1. Terimakasih, informasinya, sekedar merekomendasikan sebagai materi tambahan;

    Substansi :
    - Sejarah HTML
    - Pencipta HTML
    - Pengembang HTML
    - Fitur HTML
    - Tag dan Atribut HTML
    - Cara Validasi HTML

    selengkapnya,

    Pranala -> Pengantar HTML dan Sejarah Perkembangannya

    ReplyDelete
  2. If you would like an alternative to randomly approaching girls and trying to figure out the right thing to say...

    If you would prefer to have women hit on YOU, instead of spending your nights prowling around in crowded bars and night clubs...

    Then I urge you to view this eye-opening video to learn a weird little secret that has the potential to get you your very own harem of attractive women:

    FACEBOOK SEDUCTION SYSTEM!!!

    ReplyDelete