Welcome to my Blog. All you can read here. Have fun, enjoy, and thanks!

Friday, May 3, 2013

Game Maker

Game Maker adalah sebuah game engine yang bisa membantu anda membuat sebuah game komputer tanpa menggunakan codingan yang banyak dengan bahasa programan. Dengan game maker anda dapat membuat game 2D, 3D atau multiplayer, dan anda juga mempunyai hak penuh terhadap game yang anda buat.

Sejarah
GameMaker (awalnya bernama Game Maker dan sering disingkat GM) awalnya dikembangkan oleh Mark Overmars dalam bahasa pemrograman Delphi. Saat ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Yoyo Games, sebuah perusahaan perangkat lunak di mana Overmars secara tidak langsung terlibat dan pemegang saham besar GameMaker.
Game Maker awalnya berjudul Animo, dan dimulai sebagai program untuk membuat animasi 2D. Mark Overmars merilis versi publik pertama dari GameMaker (versi 1.1) pada tanggal 15 November 1999. Sementara versi Game Maker memiliki built-in scripting bahasa, yang tidak serumit seperti di versi yang lebih baru, dan beberapa versi berikutnya Game Maker tidak memiliki dukungan DirectX.
Setiap rilis utama mereka menambahkan fitur baru yang besar dan peningkatan stabilitas sambil mendapatkan terus dalam popularitas. Pada tahun 2001, versi 3.0 diimplementasikan DirectX untuk pertama kalinya, sementara versi 4.0 (dirilis Juli 2001) ditulis ulang dari awal, mengubah interface secara signifikan.

Bahasa GameMaker
GML adalah bahasa scripting utama yang ditafsirkan mirip dengan Java kompilasi Just-In-Time yang digunakan dalam GameMaker. Hal ini memungkinkan pengguna untuk lebih meningkatkan dan mengendalikan desain permainan mereka melalui pemrograman konvensional, yang bertentangan dengan sistem drag-and-drop. Sintaks dari GML meminjam aspek dari bahasa lain seperti C, C + + dan Java, efektif memanfaatkan pemrograman berorientasi objek.

Libraries GameMaker
Dalam Game Maker, serangkaian tindakan drag-and-drop disebut Libraries. Dalam Game Maker interface, libraries ini ditampilkan sebagai tab yang berisi ikon yang disebut Actions. Setiap Action adalah script GML atau fungsi yang pengguna dapat digunakan dalam permainan mereka. Game Maker dilengkapi dengan set standar perpustakaan yang berisi tindakan yang umum digunakan oleh kebanyakan game, melainkan juga memungkinkan untuk membuat libraries menggunakan Library Builder disediakan secara terpisah dari Game Maker. Ada banyak libraries bahwa pengguna Game Maker dapat men-download untuk menghindari menggunakan GML untuk mencapai tugas-tugas tertentu. Misalnya, jika user ingin membuat game 3D yang sederhana tetapi tidak memiliki pengalaman dengan GML, mereka dapat men-download 3D Libraries.

Kemampuan Grafik
GameMaker terutama berjalan game yang menggunakan grafis 2D. Kemampuan grafis GameMaker ini mengalami perbaikan yang signifikan dengan setiap versi rilis utama, memungkinkan untuk fungsionalitas tambahan termasuk penyesuaian alpha lebih efisien dan pengaturan pencampuran untuk sprite dan bentuk lainnya. Dengan versi 6.0 (Windows), Game Maker dimasukkan DirectX, yang memungkinkan fungsi-fungsi grafis yang lebih canggih. Versi 7.0 (Mac OS X) menggunakan OpenGL untuk membuat sprites.
Dimulai dengan versi 6.0 (Windows), Game Maker menambahkan Direct3D, yang memungkinkan penggunaan grafis 3D yang terbatas. Untuk versi 7.0 (Macintosh) dan atas, OpenGL digunakan untuk grafis 3D dan juga memungkinkan dukungan terbatas untuk model 3D yang sederhana. Converter digunakan untuk membuatnya mungkin untuk menggunakan format 3D yang lebih populer seperti .3 ds, dan .obj untuk digunakan dalam proyek 3D. Paket ekstensi seperti Ogre digunakan untuk memperluas fungsi dasar Game Maker ini. Hal ini juga mendukung kemampuan untuk membuat efek partikel seperti hujan, salju dan awan, namun tidak native dalam 3D kecuali melalui penggunaan Dynamic Link Library. Dukungan untuk mengedit 32-bit .png file ditambahkan dalam versi 8.0 dari perangkat lunak yang juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan gambar dengan alpha channel.

Bagian - Bagian GameMaker

Di dalam game maker terdapat baberapa resource yang anda dapat gunakan untuk membuat sebuah Game dalam game maker.

Sprites:
- Gambar dari semua objek dalam game.
Sound:
- Efek efek suara agar game terasa lebih hidup.
Backgrouds:
- Gambar yang digunakan untuk latar belakang sebuah game yang sedang berlangsung.
Paths:
- Paths adalah lintasan yang diikuti oleh suatu objek dalam game.
Scripts:
- Bahasa Pemrograman pada GameMaker
Fonts:
- Jenis huruf yang digunakan pada game.
Time Lines:
- Pemberian waktu pada objek dalam melakukan suatu Action pada game.
Objects:
- Kumpulan beberapa benda benda yang ada pada game.
Event:
- Pergerakan yang dilakukan oleh suatu objek apabila terjadi suatu peristiwa pada objek tersebut.
Room:
- Ruangan dimana game berjalan dan juga sebagai tempat untuk suatu objek untuk di letakan atau tempat suatu objek untuk bergerak.

Game Option : Pilihan pada game (Option)
Game Information : Informasi yang ada pada game tersebut.

Kelebihan Pada GameMaker

  • Mudah digunakan karena adanya fasilitas Drag and Drop.
  • Tidak terlalu perlu menggunakan Bahasa Pemrograman.
  • Lengkap dengan program pendukung.
  • Dapat membuat jenis game apa saja.




Gambaran Game Yang Akan Dibuat
Untuk gamenya, saya dan teman saya sendiri belum menentukan judulnya, namun gambarannya seperti ini. Ada seorang tokoh utama yang berusaha mengumpulkan koin/harta dari start hingga finish. Namun terhalang oleh rintangan dan monster. Tokoh utama nya pun bisa mengeksekusi monsternya (diusahakan bisa).
Game ini terdiri dari 2 level. Game akan berakhir bila darah sang tokoh utama habis, atau waktunya telah habis.

Reference:

No comments:

Post a Comment