Blender
adalah aplikasi 3D grafik komputer gratis dan open source yang digunakan untuk
membuat film animasi, visual efek, aplikasi interaksi 3D atau video games.
Fitur blender termasuk 3D Modelling, UV unwrapping, texturing, rigging dan
skinning, simulasi asap, simulasi partikel, simulasi bentuk tubuh, animasi,
tracking camera, rendering, edit video dan pengkomposisian. Juga fitur dalam
pembuatan game.
Software
ini dapat diperoleh di situs resminya yaitu blender.org. Software ini termasuk
software dengan ukuran kecil dan dapat digunakan di berbagai macam OS.
Diantaranya Windows, Linux, Ubuntu dan lain lain. Blender sendiri merupakan OSS
(Open
Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di
berbagai macam OS (Operating System). Versi terakhir blender saat ini menurut
situs resminya adalah 2.65 dengan update versi terbaru 2.65a.
Untuk spekifikasi yang
dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana:
- Intel pentium III atau
lebih/ AMD dsbg
- Ram 64Mb
- VGA 4Mb
- Disk Space 35Mb
- Windows 2000 atau
lebih, Linux,dll.
Fitur
Blender
memiliki ukuran instalasi yang relatif kecil, sekitar 70 megabyte untuk
membangun dan 115 megabyte untuk rilis resmi. Versi resmi dari perangkat lunak
yang dirilis untuk Linux, Mac OS X, Microsoft Windows, dan FreeBSD untuk
32 dan 64 bit. Meskipun sering didistribusikan tanpa adegan contoh yang
luas ditemukan di beberapa program lain, perangkat lunak berisi fitur yang
merupakan ciri khas dari software high-end 3D. Di antara kemampuan perusahaan
adalah:
1.
Dukungan untuk berbagai primitif geometris, termasuk polygon, pemodelan
subdivisi permukaan cepat, kurva Bezier, NURBS permukaan, metaballs, multi-res
mematung digital (termasuk kue peta, remeshing, resymetrize, penipisan ..),
font outline, dan baru n-gon pemodelan sistem yang disebut B-mesh.
2. Render
internal mesin dengan scanline ray tracing, pencahayaan tidak langsung, dan
oklusi ambien yang dapat mengekspor dalam berbagai format.
3.
Sebuah mesin render pathtracer disebut Siklus (dapat menggunakan GPU
Computing).
4.
Integrasi dengan sejumlah mesin render eksternal melalui plugin.
5.
Keyframed animasi alat termasuk invers kinematika, angker (kerangka), hook,
kurva dan kisi-berbasis deformasi, kunci bentuk (morphing), non-linear animasi,
kendala, dan pembobotan vertex.
6.
Simulasi alat untuk dinamika tubuh lembut termasuk tabrakan mesh, dinamika
fluida LBM, simulasi asap, Bullet dinamika benda tegar, generator laut dengan
gelombang.
7.
Sebuah sistem partikel yang meliputi dukungan untuk partikel berbasis rambut.
8.
Pengubah untuk menerapkan efek non-destruktif.
9.
Python scripting untuk pembuatan alat dan prototyping, logika permainan,
mengimpor dan / atau mengekspor dari format lain, otomatisasi tugas dan alat
kustom.
10.
Dasar non-linear video / editing audio.
11.
Permainan Blender, sub-proyek, menawarkan fitur interaktivitas seperti deteksi
tabrakan, mesin dinamika, dan programmable logic. Hal ini juga memungkinkan
penciptaan berdiri sendiri, real-time aplikasi mulai dari visualisasi
arsitektur untuk pembangunan video game.
12.
Sebuah compositor simpul berbasis sepenuhnya terintegrasi dalam rendering
pipeline dipercepat dengan OpenCL.
13.
Prosedural dan simpul berbasis tekstur, serta lukisan tekstur, lukisan
proyektif, lukisan titik, lukisan berat dan lukisan dinamis.
14.
Realtime kontrol selama simulasi fisika dan rendering.
15.Kamera
dan objek pelacakan.
User
Interface
1. Mode
Editing
Dua
mode utama kerja adalah Obyek Mode dan Edit Mode, yang toggled dengan tombol
Tab. Objek Mode digunakan untuk memanipulasi objek individu sebagai satu unit,
sementara Edit Mode digunakan untuk memanipulasi objek yang sebenarnya.
Misalnya, Objek Mode dapat digunakan untuk bergerak, skala, dan memutar polygon
secara keseluruhan, dan Edit Mode dapat digunakan untuk memanipulasi simpul
individu mesh tunggal. Ada juga beberapa mode lain, seperti Vertex Paint,
Weight Paint, dan Sculpt Mode. Rilisan 2.45 juga memiliki UV Mapping Mode, tapi
digabung dengan Edit Mode di kandidat rilisan 2.46.
2. Pemanfaatan
Hotkey
Sebagian
besar perintah dapat diakses melalui hotkey. Sampai 2.X dan terutama versi
2.3X, ini sebenarnya satu-satunya cara untuk memberikan perintah, dan ini
adalah sebagian besar bertanggung jawab untuk menciptakan reputasi Blender
sebagai sebuah program yang sulit-untuk-belajar. Versi baru memiliki menu GUI
yang lebih komprehensif.
3. Inputan
Angka
Tombol
angka dapat "diseret" untuk mengubah nilai mereka secara langsung
tanpa perlu untuk tujuan di sebuah widget tertentu, sehingga menghemat layar
workspace dan waktu. Kedua slider dan tombol angka dapat dibatasi untuk ukuran
berbagai langkah dengan pengubah seperti Ctrl dan tombol Shift. Ekspresi Python(bahasa
pemrograman) juga dapat mengetik langsung ke kolom entri nomor, memungkinkan
ekspresi matematika yang akan digunakan untuk menentukan nilai.
4. Workspace
manajemen
GUI
Blender terdiri dari satu atau lebih layar, masing-masing dapat dibagi menjadi
beberapa bagian dan sub-bagian yang dapat dari setiap jenis pandangan Blender
atau jendela-jenis. Setiap jendela-jenis GUI elemen sendiri dapat dikontrol
dengan alat yang sama yang memanipulasi tampilan 3D. Sebagai contoh, seseorang
dapat memperbesar dan keluar dari GUI-tombol dengan cara yang sama yang
memperbesar dan keluar di viewport 3D. Viewport GUI dan tata letak layar
sepenuhnya pengguna-disesuaikan. Hal ini dimungkinkan untuk mengatur antarmuka
untuk tugas-tugas tertentu seperti editing video atau pemetaan UV atau
texturing dengan menyembunyikan fitur yang tidak digunakan untuk bekerja.
Hardware Yang Dibutuhkan
Blender
mempunyai kebutuhan hardware yang sangat rendah yang dibandingkan dengan
aplikasi 3D lain nya. Bagaimanapun, untuk efek tinggi dan edit kelas tinggi,
butuh sistem yang lebih powerful
Hardware
|
Minimum
|
Recommended
|
Production Standard
|
Processor
|
1 GHz, Single core
|
2 GHz, Dual core
|
2 GHz, Multi-core
(64-bit)
|
Memory
|
512 MB
|
2 GB
|
8-16 GB
|
Graphic Cards
|
OpenGL card with 64 MB
Video Card
|
OpenGL card with 256 or
512 MB video card (CUDA RAM for GPU Rendering)
|
OpenGL card with 1 GB
RAM,ATI FireGL or Nvidia Quadro
|
Display
|
1024×768 pixels, 16-bit
color
|
1920×1200 pixels,
24-bit color
|
1920×1200 pixels,
24-bit color
|
Input
|
Three Buttons Mouse
|
Three Buttons Mouse
|
Three Buttons Mouse and
Graphics Tablet
|
sumber
: http://en.wikipedia.org/wiki/Blender_(software) (sudah diterjemahkan)
No comments:
Post a Comment