Welcome to my Blog. All you can read here. Have fun, enjoy, and thanks!

Sunday, October 30, 2011

Video Game

Video Game adalah sebuah permainan yang dimana pemain berinteraksi dengan sebuah permainan dengan tampilan gambar atau video yang ditampilkan pada suatu layar (screen), biasanya video game ini cenderung ke elektronik. Barang elektronik yang digunakan untuk bermain video game ini disebut Platform, contohnya seperti personal computer (PC) dan video game console. Platform ini bisa berukuran dari komputer mainframe yang besar hingga alat genggam yang kecil sekalipun seperti halnya Ding dong (Game Arcade), Playstation, Nintendo atau Gameboy adalah beberapa contoh dari platform tersebut. Biasanya yang membuat para pemain tertarik dengan video game adalah dimana video game tersebut mempunyai sistem penilaian (Score) dan tingkatan keberhasilan atau juga jenis petualangan yang menarik.

Sejarah singkat
Sejarah game yang pertama kali muncul adalah bernama "Cathode Ray Tube" yang muncul pada tahun 1947 yang dipatenkan pada tanggal 25 Januari 1947 oleh Thomas T. Goldsmith, Jr. dan Estle Ray Mann yang terinspirasi oleh teknologi radar pada zaman tersebut. Permainan ini terdiri dari piranti analog yang mengijinkan user untuk mengontrol sebuah titik yang tergambar pada vektor di layar untuk menirukan sebuah missile yang ditembakkan ke target yang tergambar di layar piranti analog tersebut.
Kemudian pada tahun 1950an muncul sebuah game pada komputer mainframe di Universitas Amerika Serikat yang dulu orang masih menyebutnya game komputer dan kemudian dikembangkan oleh masing-masing orang sebagai hobi. Aksesibilitas yang terbatas dari perangkat keras komputer awal berarti bahwa permainan ini dalam jumlah kecil dan dilupakan oleh sebagian orang. Setelah berkembangnya berbagai macam platform seperti arcade game atau konsole game, zaman sekarang ini platform yang digunakan dalam bermain video game sudah semakin canggih, seperti halnya Komputer dengan meng-upgrade VGA yang akan membuat kualitas gambar semakin nyata dan luar biasa. Kemudian adanya game console yang lebih canggih seperti Nintendo Wii dengan teknologi canggihnya yang biasanya game console hanya duduk diam dan memakai Joystick untuk bermain, kini para pemain bisa sambil berolahraga karena dengan fitur konsole yang dimiliki Wii ini kita diharuskan menggerakan badan agar karakter yang kita mainkan dalam video games tersebut ikut bergerak, atau Steering wheel joystick yang biasa dipakai dalam game-game balapan mobil. Video games kini juga mempunyai Genrenya masing-masing seperti RPG, MMORPG, FPS, Shooter, Action, Racing, dll.

Makin berkembangnya zaman selain banyaknya kelebihan yang ada dalam video games tersebut ternyata banyak juga dampak negatifnya pagi para pemain, seperti game Online bagi para kalangan pelajar yang sudah kecanduan kemudian sudah tidak peduli dengan sekolanya, lalu kekerasan yang ada dalam game tersebut yang memungkinkan terjadi banyaknya penganiayaan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu sekarang video game mempunyai rating yang dapat memungkinkan mencegah terjadinya hal tersebut, seperti contohnya game yang hanya diperbolehkan untuk orang dewasa, remaja, anak-anak, atau semua umur. Biasanya video game tersebut mempunyai peringatan tersendiri agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

No comments:

Post a Comment